Kelurahan Batu Intan, Turun ke Lapangan Data Penduduk

By Kelurahan Batu Intan 10 Sep 2019, 23:22:58 WIB berita
Kelurahan Batu Intan, Turun ke Lapangan Data Penduduk

 Kelurahan Batu Intan akan turun ke lapangan guna membantu Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pangkalpinang melakukan pendataan penduduk dalam program 5 tahunan sekali yang disebut pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) tahun 2015. 

Lurah Batu Intan Joni koeris mengatakan, mereka siap menyukseskan pendataan itu. "Kita harus turun ke lapangan dan melibatkan pihak RT dan RW supaya data yang kita dapat benar-benar valid," tuturnya kepada Radar Bangka saat ditemui di kantornya, Kamis (11/6), kemarin

Ia menjelaskan, saat ini pihak BPS sedang melakukan pendataan rumah tangga sasaran di kantor lurah Batu intan. "Setelah pendataan rumah tangga sasaran ini selesai, kita akan melakukan pertemuan dengan pihak BPS dan RT, RW di kelurahan ini guna membahas dan konsultasi untuk langsung pendataan ke lapangan," jelasnya

Sementara itu, salah satu staf BPS kota Pangkalpinang, Faraya yang sedang melakukan pendataan rumah tangga sasaran di kantor lurah Batu Intan mengaku tidak menemui kendala dalam pendataan ini. "Ya lancar-lancar saja tidak ada kendala karena pihak kelurahan Batu Intan dan RT/RW-nya juga membantu kita dalam pendataan ini. jika pendataan ini selesai, baru kita turun ke lapangan untuk mendata penduduk dalam progrm PBDT tahun 2015 ini," ujar Faraya.

"Program PBDT ini merupakan program BPS setiap 5 tahunan dan hari ini serentak seluruh indonesia, program ini dinilai penting karena sebagian besar program perlindungan sosial masih mengacu kepada data pendataan program perlindungan sosial (PPLS) tahun 2011, termasuk penerima raskin," ungkapnya.

Dengan rentang waktu yang sudah begitu lama, bisa jadi data penerima raskin sudah berkurang ataupun bertambah. Bisa jadi juga mereka yang terdata itu sudah pindah ataupun meninggal dunia. "Untuk itulah perlu dilakukan pemutakhiran data dengan harapan program yang diluncurkan oleh Pemerintah ini benar-benar tepat sasaran," katanya.

Faraya mengatakan, untuk proses pemutakhiran data, BPS Pangkalpinang melalui koordinator di tiap-tiap kecamatan akan melibatkan pemerintah kecamatan, kelurahan dan juga kalangan LSM serta tokoh-tokoh masyarakat. "Dari sini nantinya diharapkan data yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kondisi riil di lapangan," imbuhnya.

"Daya yang ingin kita dapatkan nantinya benar-benar valid dan sesuai dengan kondisi riil di lapangan, kalau hasil dari pemutakhiran data itu nantinya berkemungkinan besar sudah bisa dipergunakan pada tahun ini juga," terangnya seraya menambahkan pihak kelurahan Batu Intan sangat membantu mensukseskan

program PBDT 2015 ini




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment

Lurah Baru Intan

Lurah
Reni indrawati, SE

AGENDA KEGIATAN

Lihat Semua

Jajak Pendapat

Apakah website ini memberikan informasi tentang Kelurahan Batu Intan Kota Pangkalpinang ?
ya
kurang
Lihat Hasil Poling

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 0

  • Today Visitor 1

  • Hits hari ini 25

  • Total pengunjung 1060

  • IP Anda 192.168.1.99